12 PROSPEK KERJA LULUSAN PGSD YANG MENJANJIKAN

Prospek kerja lulusan Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) rupanya tak hanya terbatas menjadi guru sekolah dasar saja. Prodi PGSD nyatanya mengajak mahasiswanya untuk mempelajari berbagai mata kuliah, sehingga dapat meniti karir menjadi dosen bahkan konten kreator.

Lulusan Prodi PGSD yang notabene adalah calon guru tentu diwajibkan mempelajari tata cara mendidik seorang anak usia SD. Prodi ini tidak hanya mempelajari hal yang bersifat akademis, tetapi juga belajar hal yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak.

Lulusan Prodi PGSD belajar berbagai macam-macam materi ke-SD-an. Mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Olahraga, Seni Budaya, Pramuka, dan lain-lain. Makanya lulusan Prodi PGSD sering mendapat sebutan Lulusan Multitalenta, dimana lulusannya juga kreatif dalam membuat prakarya, melakukan tarian, hingga memainkan alat musik.

Saat ini, guru sekolah dasar menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui program PPPK (P3K). Selain berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar, banyak sekali profesi yang dapat ditekuni nantinya, diantaranya berikut ini:

 

  1. GURU SD

Sesuai dengan nama jurusannya, prospek kerja lulusan Prodi PGSD yang pertama adalah menjadi seorang guru sekolah dasar (SD). Lulusan dapat berkarir menjadi guru SD di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, tidak sedikit program pemerintah yang memfasilitasi guru-guru SD untuk studi banding atau pertukaran guru di luar negeri.

http://sekolahdasar.net

 

  1. GURU MUSIK DAN TARI

Pembekalan pada Mata Kuliah Seni Musik dan Seni Tari membuat mahasiswa Prodi PGSD menjadi pribadi yang memiliki jiwa seni tinggi. Mahasiswa akan mampu menarikan beragam tari tradisional, bahkan mampu mengkreasikan tarian baru. Selain itu, adanya pelatihan memainkan beragam alat musik, seperti gitar, pianika, recorder, dan lainnya, juga membuat mahasiswa menjadi bisa memainkan beragam alat musik ketika lulus nanti. Mahasiswa juga akan memiliki karyanya sendiri berupa lagu-lagu sederhana untuk anak-anak.

 

  1. PNS

Lulusan Prodi PGSD dapat diangkat menjadi PNS sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah. Selain itu, lulusan Prodi PGSD juga dapat diangkat untuk mengisi jabatan-jabatan formal di sektor pendidikan, seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, dan masih banyak lagi. Saat ini, guru sekolah dasar menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui program PPPK (P3K).

 

  1. KONSULTAN PENDIDIKAN ANAK

Prospek kerja Prodi PGSD selanjutnya, adalah menjadi seorang konsultan pendidikan anak di tingkat pendidikan dasar. Ini karena, tidak sedikit pelajar yang mengalami dilema dan kebingungan dalam menentukan rencana studi selanjutnya. Di sinilah peran konsultan pendidikan dibutuhkan, di mana profesi ini akan membantu pelajar dan orangtua dalam merencanakan pendidikan.

http://ibupedia.com

Konsultan pendidikan memiliki tugas utamanya membantu pelajar untuk memilih jurusan dan tempat studi yang diminati, baik di dalam maupun luar negeri, mendukung dalam prosedur masuk universitas, membantu mengurus tiket pesawat dan tempat tinggal, serta menyediakan informasi terkait sistem sekolah di luar negeri hingga kehidupan masyarakat lokal. Prospek kerja Prodi PGSD sebagai konsultan ini memungkinkan untuk dilakukan. Sebab, seorang lulusan Prodi PGSD dibekali ilmu psikologi pendidikan anak, sehingga memahami seperti apa dunia pendidikan dan kondisi psikologis seorang anak.

 

  1. PENELITI

Salah satu prospek kerja lulusan Prodi PGSD yang menarik untuk ditekuni adalah menjadi seorang peneliti. Lulusan Prodi PGSD dibekali berbagai cabang ilmu, termasuk psikologi anak, psikologi pendidikan, dan masih banyak lagi. Lulusan Prodi PGSD dituntut dapat merancang dan melakukan riset akademik, sehingga lulusan Prodi ini juga dapat menjadi seorang peneliti dunia pendidikan. Tujuan peneliti pendidikan adalah untuk membantu perkembangan dunia pendidikan indonesia melalui penelitian-penelitian yang dilakukan.

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

 

  1. PEMBINA PRAMUKA (HIZBULWATAN)

Pada Prodi PGSD, terdapat Mata Kuliah Pramuka, dalam hal ini khusus Universitas Muhammdiyah memiliki Mata Kuliah Hizbulwatan. Pada Mata Kuliah ini, mahasiswa akan dibina menjadi kader-kader Hizbulwatan hingga nantinya ketika lulus, mahasiswa dapat berkiprah disana dan menjadi pembina untuk Hizbulwatan di tingkat SD, SMP, SMA/SMK, bahkan dalam Universitas itu sendiri.

Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

  1. MEMBANGUN LBB

Lulusan Prodi PGSD juga memiliki peluang untuk bekerja di lembaga bimbingan belajar yang kini telah banyak berdiri atau bahkan membangun LBB milik sendiri. Lembaga ini membantu siswa SD untuk mendapatkan pendidikan tambahan di luar jam sekolah. Oleh karena itu, keberadaan tenaga pengajar yang kompeten akan terus dibutuhkan LBB. Lulusan Prodi PGSD juga dapat berwirausaha di bidang ini, yaitu dengan membuka LBB sendiri. Pasalnya, lulusan Prodi PGSD juga dibekali berbagai cabang ilmu seperti manajemen pendidikan dan pengelolaan akademik. Sudah banyak buktinya, seorang lulusan Prodi PGSD menjadi pemilik LBB yang tersebar di seluruh Indonesia.


https://mommiesdaily.com

 

  1. PENULIS BUKU PARENTING

Prospek kerja Prodi PGSD selanjutnya adalah menjadi seorang penulis buku parenting maupun pendidikan anak. Seorang lulusan Prodi PGSD tetap dapat membagikan ilmu yang dimiliki walaupun tak berkecimpung di dunia pendidikan secara langsung. Salah satu caranya adalah dengan menulis buku-buku parenting anak atau pendidikan anak. Berbekal ilmu yang dimiliki, seorang lulusan dapat mengolahnya menjadi sebuah tulisan kreatif yang dapat membantu banyak orang melalui sebuah buku.

http://gramedia.com

 

  1. PENGEMBANG MEDIA PEMBELAJARAN

Salah satu prospek yang sangat menjanjikan dari lulusan Prodi PGSD adalah menjadi pengusaha di bidang media pembelajaran. Lulusan Prodi PGSD dibekali dengan kemampuan merancang alat peraga pembelajaran dan kemampuan IT yang sangat dibutuhkan pada era pembelajaran online saat ini.

https://m.facebook.com/karyamahasiswapgsdunissula/

Dalam perkuliahan, mahasiswa Prodi PGSD diajak membuat dan mengembangkan alat peraga atau media pembelajaran untuk masing-masing bidang ilmu, seperti media pembelajaran matematika, IPA, IPS, dan lainnya.

Selain itu, mahasiswa diajarkan cara membuat video pembelajaran interaktif, website pembelajaran, mengelola e-learning, memanfaatkan photoshop, corel draw, dan canva, serta masih banyak lagi aplikasi yang lainnya.

Melalui pembelakalan dalan perkuliahan ini, lulusan Prodi PGSD dapat ikut bersaing menciptakan dan membuat usaha secara mandiri di bidang media pembelajaran.

 

  1. PEKERJA SOSIAL

Prospek kerja PGSD selanjutnya menjadi pekerja sosial atau social worker. Ini merupakan profesi yang memberikan bantuan ataupun pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan. Pekerja sosial juga bisa dimaknai sebagai profesi pelayanan sosial yang bermuara pada kerja kemanusiaan, Hal ini bisa diartikan, bahwa sosok pekerja sosial adalah pribadi yang menolong orang lain supaya mampu menolong dirinya sendiri.

Kiprah pekerja sosial bisa dijumpai dalam berbagai situasi, seperti.penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang dengan kecacatan, perlindungan anak, pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, para pekerja sosial aktif mendorong perubahan sosial dalam interaksi antara manusia juga lingkungannya. Seorang lulusan prodi PGSD dapat menjadi bagian sebagai pekerja sosial, terutama dalam meningkatkan kesadarah masyarakat akan pendidikan. Lulusan Prodi PGSD dapat terlibat aktif di organisasi non-profit, sebagai tenaga pendamping bagi anak-anak yang putus sekolah, dan sebagai tenaga konseling anak-anak di lokasi bencana.

 

  1. KONTEN KREATOR

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lulusan prodi PGSD adalah lulusan yang mulitalenta. Bagaimana tidak? Selama 8 semester, lulusan prodi ini diajar oleh para pakar di bidangnya masing-masing, dimana mata kuliahnya juga sangat beragam dan lebih mengacu pada pengasahan skill mahasiswa.

Sudah dapat dipastikan, lulusan Prodi PGSD, bisa mejadi guru, bisa menari, bisa bermain musik, bisa mengajarkan ilmu agama, bisa berbahasa inggris, mengetahui dan mempraktekkan berbagai macam jenis olahraga, bisa melakukan penelitian, mengetahui ilmu psikologi anak, memiliki kemampuan seorang enterpreneur, dan aktif dalam pekerjaan sosial seperti penyembuhan trauma pasca bencana pada ranah psikososial anak. Bekal-bekal ini, membuat lulusan Prodi PGSD memiliki beragam skill yang dapat dijadikan materi konten media sosial dan lebih jauh lagi bahkan dapat menjadi seorang influencer.

http//:kompas.com

 

      12. DOSEN

Lulusan S1 Prodi PGSD nantinya dapat melanjutkan kuliah S2 dan berkesempatan menjadi dosen. Lulusan prodi PGSD memiliki banyak kesempatan berkiprah di dunia perdosenan apalagi diimbangi dengan lowongan dosen PGSD yang banyak, dimana berbanding lurus dengan banyaknya mahasiswa S1 yang berminat berkuliah di prodi PGSD.

 

Menarik sekali bukan?

Kepakkan sayapmu lebih lebar, ayo gabung ke Prodi PGSD UNIMAR!