SOSIALISASI MEDIA KREATIF UNTUK MENGAKRABKAN HALAL DI KABUPATEN TANGERANG

Seminar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada  masyarakat dosen PGSD yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022. Kegiatan diikuti oleh peserta yang berasal dari ibu-ibu dan bapak-bapak perwakilan dari UMKM se-Kabupaten Tangerang – Banten. Peserta merupakan kategori orang tua yang memiliki anak pada rentang usia Taman Kanak-kanak dan SD. Peserta seminar terdiri dari 66 orang. Seluruh peserta hadir dan mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir

Kegiatan ini dilaksanakan dengan surat persetujuan dari LPPM Universitas Muhammadiyah A.R Fachruddin dan surat tugas dari fakultas. Pelaksanaannya dilakukan di kampus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Pihak universitas menyediakan tempat di Aula Ki Bagoes Hadikoesoemo, peserta diberikan tempat duduk tunggal, dan berjarak. Semua tim dan peserta memakai masker.

Kegiatan ini dilaksanakan dari pagi hingga siang hari untuk memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta untuk memahami berbagai macam jajanan halal untuk anak dan beragam media kreatif yang cocok untuk mengakrabkan jajanan halal pada anak. Acara dibuka dengan pembacaan susunan acara, dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Ketua Pelaksana. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Media Kreatif Untuk Mengakrabkan Jajanan Halal Pada Anak-Anak.

Antusiasme peserta selama pelaksanaan kegiatan sangat tinggi. Selanjutnya pada saat penyampaian materi, peserta juga dapat diajak untuk berinteraksi, dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang disampaikan. Peserta diajak berdiskusi mengenai sembilan cara membiasakan anak dengan jajanan halal, seperti: (1) mengenalkan logo halal Indonesia; (2) menunjukkan jajanan halal dan haram saat berbelanja; (3) mengenalkan kandungan jajanan pada kemasan; (4) menempelkan atau menampilkan media kreatif di area yang sering dilalui anak; (5) membaca ayat Alquran dan hadis tentang makanan halal dan haram secara rutin; (6) menanamkan kehalalan melalui perolehan pangan; (7) sering melakukan kegiatan bersama; (8) mengajak anak mengikuti pameran produk halal; dan (9) memanfaatkan media online yang biasa digunakan anak-anak.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berjalan lancar. Semoga tahun depan, PGSD UNIMAR dapat kembali mengadakan seminar bertema halal yang dapat mengundang orang tua bersama dengan anak-anaknya. Hal ini agar tercipta bonding antara orang tua dan anak dalam menerapkan konsumsi produk halal di rumah.