PGSD UNIMAR UNTUK NEGERI (2022)

Sejak berdiri, PGSD UNIMAR berkomitmen mengabdikan diri untuk kemaslahatan anak-anak SD di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Prodi PGSD mencetuskan Program Rutin Tahunan bertema “PGSD UNIMAR UNTUK NEGERI”.

Program ini berfokus pada pengentasan kekurangan pembelajaran dan pemulihan trauma anak-anak SD pasca bencana. Tidak hanya aktif pada bidang psikososial pemulihan pasca bencana, Program ini juga menyasar daerah-daerah pelosok yang masih minim sarana dan prasarana pembelajaran untuk nantinya dibantu dari segi pembelajaran maupun lainnya.

Program “PGSD UNIMAR UNTUK NEGERI” pertama kali diadakan di Kabupaten Cianjur. Dimana disana terdapat anak-anak SD yang menjadi korban bencana gempa bumi. Bahkan hingga artikel ini ditulis, gempa susulan masih terus muncul di daerah tersebut. Mahasiswa yang menjadi perwakilan Prodi PGSD ada tiga yaitu Aulia Shalsa Billa Mun’imah, Angel Putri Anjuli, dan Noviana Suwandi.

Pembekalan Mahasiswa PGSD ke Cianjur

Bencana alam yang terjadi tentunya memberikan trauma tersendiri bagi para korban, termasuk didalamnya anak usia sekolah dasar. Banyak anak yang menjadi korban jiwa, luka-luka, dan kehilangan tempat tinggalnya. Pada anak-anak, bencana memberikan dampak fisik, psikologis, dan sosial. Dampak yang dialami para korban tersebut akan berakhir menjadi traumatis dan trauma pada anak-anak sering kali terulang kembali pada masa remaja.

Mahasiswa PGSD Menuju Lokasi Pengungsian Warga

Ditengah respon emosional yang dirasakan oleh anak, menjadi sangat penting untuk mereka mendapatkan pendampingan dan pelayanan yang disebut trauma healing. Tujuannya adalah  untuk  membangun  kembali  mental  dan psikis  para  korban  pasca  bencana  yang  terjadi. Trauma healing dapat dilakukan  dengan  mengajak  anak-anak  korban  bencana untuk  melakukan aktifitas  kegiatan  bermain yang didalamnya tetap ada muatan pembelajaran,  hal  ini  untuk  mengurangi  rasa  trauma pada  anak-anak  korban  bencana  tersebut.  Selain itu, dengan pemberian trauma healing bertujuan agar anak-anak dapat melupakan kejadian  bencana tersebut sehingga akan membuat mereka lebih siap dikemudian hari.

Salah Satu Kegiatan Pembelajaran

Dalam hal ini, mahasiswa PGSD UNIMAR ikut andil dalam beragam kegiatan trauma healing. Kegiatan rutin yang diadakan meliputi kegiatan olahraga di pagi hari, dilanjutkan dengan pembelajaran materi yang ada di sekolah, sesi bermain edukatif, dan menjagi guru mengaji anak-anak tersebut. perlu diketahui bersama bahwa para korban banyak yang kehilangan rumahnya dan gedung sekolah sehingga mereka harus tinggal di tenda pengungsian dan berhenti belajar. Oleh karena itu, adanya mahasiswa PGSD telah memberikan keceriaan tersendiri bagi anak-anak SD di Kabupaten Cianjur.

Keceriaan Hari Terakhir Program