Sosialisasi Politik Bagi Generasi Muda

 

PGSD UNIMAR yang diwakili oleh dua mahasiswa semester II yaitu Rita Suviyah dan Jarti Astuti, mengikuti kegiatan Sosialisasi “Politik Bagi Generasi Muda” yang diselenggerakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan pada hari selasa,05 Maret 2024 bertempat di Horison Grand Serpong Hotel Jl.MH.Thamrin No.KM2.7,RT.007/RW.001 Panunggangan Utara, Kec.Pinang,Kota Tangerang,Banten 15143.

Kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang bagaimana pendidikan politik bagi generasi muda dan mahasiswa sebagai agen of change sebagai generasi penerus bangsa kedepan.

Kebermanfaatan dalam kegiatan ini generasi muda sebagai agen of change memungkinkan dapat sangat mempengaruhi kebijakan publik yang akan mempengaruhi kehidupan mereka sendiri dan generasi yang akan datang. Dengan ikut serta dalam pemilihan umum, memberikan suara, atau bahkan terlibat dalam kegiatan advokasi, generasi muda dapat memastikan bahwa suara mereka didengar dalam proses pengambilan keputusan. Generasi muda seringkali memiliki perspektif yang unik dan berbeda dari generasi sebelumnya. Keterlibatan mereka dalam politik dapat memastikan bahwa suara dan kepentingan mereka diwakili secara adil di tingkat pemerintahan lokal, nasional, dan internasional.Sebagai Pendidikan Politik dimana terlibat dalam politik memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk belajar tentang proses demokrasi, tata kelola pemerintahan, dan isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan yang relevan. Hal ini dapat membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana masyarakat dan pemerintah beroperasi. Sebagai Perubahan Sosial dalam hal ini Politik adalah salah satu alat utama untuk mencapai perubahan sosial. Generasi muda yang terlibat dalam politik dapat memainkan peran penting dalam memperjuangkan perubahan yang mereka inginkan, baik itu terkait dengan hak asasi manusia, kesetaraan gender, lingkungan hidup, atau isu-isu lainnya. Partisipasi generasi muda dalam politik membantu memperkuat fondasi demokrasi dengan memastikan adanya pluralisme, partisipasi terbuka, akuntabilitas, dan respek terhadap hak asasi manusia.

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk terlibat dalam politik dengan berbagai cara, mulai dari memberikan suara dalam pemilihan umum, berpartisipasi dalam kegiatan advokasi, hingga mencari posisi kepemimpinan di tingkat lokal maupun nasional. Dengan demikian, mereka dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi semua orang.