Kuliah Praktisi Merancang Presentasi dengan AI

PGSD UNIMAR mengadakan Kuliah Praktisi berbentuk webinar untuk Mata Kuliah Sumber dan Media Pembelajaran SD dengan mengusung tema “Merancang Presentasi dengan AI” yang mengundang narasumber Ahmad Imamu Nuril Alam, S.Pd., MOS., MCE pada hari Jumat 15 Maret 2024. Webinar ini merupakan bentuk kerjasama pertama antara PGSD UNIMAR dengan IBLU ACADEMY.

Pada kegiatan kuliah praktisi ini melibatkan seluruh mahasiswa PGSD UNIMAR yang sangat antusias memperdalam tentang bagaimana Pemanfaatan AI dalam pembuatan Media Pembelajaran.

Lantas apakah yang dimaksud dengan AI?

dan bagaimana kaitannya pada media pembelajaran?

AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Ini merujuk pada kecerdasan yang ditampilkan oleh mesin atau komputer yang dirancang untuk meniru kemampuan manusia dalam menyelesaikan tugas tertentu. AI melibatkan penggunaan algoritma dan model matematika yang memungkinkan sistem komputer untuk belajar dari data, mengenali pola, membuat keputusan, dan menyelesaikan tugas dengan sedikit atau tanpa intervensi manusia. Tujuan dari pengembangan AI adalah untuk membuat mesin yang mampu memikirkan dan bertindak seperti manusia, meskipun dalam konteks yang terbatas. Teknologi AI digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pengolahan bahasa alami, pengenalan gambar, pengenalan suara, Juga dalam Pengembangan tekhnologi dalam pendidikan yang kaitannya dalam pengembangan Pembuatan Media Pembelajaran dengan AI.

Pada kegiatan ini fokus yang dibahas adalah bagaimana Membuat Media Pembelajaran Powerpoint  dengan Menggunakan Aplikasi Gamma.

Aplikasi Gamma membantu penggunanya untuk menghemat waktu dalam membuat presentasi. Dalam bekerja, Aplikasi Gamma mengguankan teknologi AI untuk menghasilkan tata letak yang menarik secara visual dan mudah dibaca.Keunggulan pada aplikasi ini adalah Kemudahan dan efisiensi dalam menyelesaikan slide presentasi. Aplikasi Gamma dapat memudahkan membuat PPT hanya dengan memasukkan perintah pada AI. Nantinya AI akan secara otomatis mengerjakan slide presentasi  yang akan dibuat,hal ini bisa menjadi sarana pengembangan kemajuan tekhnoloi dengan pemanfaatan AI dalam membuat pengembangan media pembelajaran yang inovatif untuk terciptanya kualitas mutu pembelajaran yang lebih baik.

Kegiatan ini memberikan sebuah wawasan baru kepada seluruh mahasiswa dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif bagi peningkatan mutu pembelajaran.